Home » Blog » Rumput Futsal dan Perawatannya

Rumput Futsal dan Perawatannya

Rumput Futsal Dan Cara Perawatannya

rumput futsalRumput Futsal banyak digunakan di banyak lapangan futsal di Indonesia mari kita bahas mengenai usaha lapangan futsal memang sepertinya sangat menggiurkan bagi anda mengingat futsal merupakan olahraga yang sangat digandrungi para kaum pria, mulai dari remaja hingga dewasa. Hanya bermodal sekali namun untung berkali-kali mungkin itu yang ada di pikiran banyak orang menilai usaha lapangan futsal. Namun jangan salah, jika anda tidak mengetahui secara pasti usaha futsal itu seperti apa, yang ada anda akan rugi. Yang paling penting yaitu rajin-rajin merawat lapangan futsal anda, perawatan memang sangatlah penting untuk mempertahankan kelayakan lapangan futsal anda. Salah satu detil lapangan futsal yang harus anda perhatikan adalah rumput futsal.

Ada Apa dengan Rumput Futsal?

Rumput futsal kebanyakan menggunakan rumput sintetis, rumput yang terbuat dari plastik yang memang sangat praktis untuk memudahkan anda dalam memiliki lapangan futsal daripada harus menggunakan rumput asli yang mungkin akan menyusahkan anda. Meskipun terlihat praktis, namun jika anda tidak merawatnya dengan baik rumput sintetis yang sejatinya bisa memudahkan anda tersebut akan rusak. Jika tidak anda perhatikan secara baik-baik, maka belum ada satu tahun pun rumput futsal sintetis anda akan mengalami aus atau kebotakan. Padahal seharusnya rumput sintetis bisa bertahan sampai 3 tahun itu saja jika anda mengalami kerusakan yang parah, jika tidak rumput futsal anda bahkan bisa bertahan sampai 3 tahun lebih. Mengapa rumput futsal itu sangat penting? Karena rumput sintetis futsal bisa menjadi setengah investasi anda dari keseluruhan investasi lapangan futsal yang anda buat. Mahal? Memang, untuk itu anda harus merawatnya.

Tips Perawatan Rumput Sintetis

  1. Pertama anda bisa memperhatikan sela-sela rumput sintetis futsal anda, disana ada rubber granule jika masih terdapat banyak rubber disela-sela rumput tersebut maka kemungkinan rumput anda masih dalam keadaan bagus karena rubber berfungsi sebagai peredam yang membuat rumput anda tidak mudah aus.
  2. Pada saat pemasangan rumput futsal anda, sebaiknya anda melapisinya dengan menggunakan pasir yang halus. Pastikan pasir tersebut benar-benar halus dan terbebas dari debu dan kerikil. Kotoran pun sebaiknya dihindari di dalam pemasangan rumput sintetis di lapangan futsal anda.
  3. Sebaiknya anda menngunakan jasa profesional untuk memasang rumput sintetis untuk lapangan futsal anda, karena jika salah, pemasangan bisa memperpendek umur rumput.
  4. Pastikan rubber selalu tersebar rata karena jika tidak rata maka bagian yang tidak terdapat rubber bisa menjadi cepat aus.
  5. Sebulan sekali pastikan untuk selalu melakukan perawatan terhadap rumput sintetis futsal anda dengan cara melakukan penyapuan rubber granule untuk meratakannya untuk mencegah terjadinya keausan pada rumput futsal anda.
  6. Tambahkan rubber granule lagi jika anda merasa rumput sintetis anda membutuhkan rubber tambahan, karena biasanya akan ada rubber yang terbawa pemain ke luar lapangan di saat bermain futsal.

Leave a Reply

%d bloggers like this: