Home » Blog » info Lampu Lapangan Futsal

info Lampu Lapangan Futsal

Pada prinsipnya, lampu lapangan futsal dapat menggunakan :

Lampu Sorot ( HPI-T )
Lampu Keong ( Essential )
A. Lampu Sorot

Lampu sorot HPI-T bisa digunakan, yang tersedia di pasar dari 150 watt, 250 watt dan 400 watt, lihat gambar berikut ini :

Untuk lampu lapangan futsal dengan ukuran standard dibutuhkan lampu sorot sebanyak 6 titik menggunakan lampu sorot dengan kekuatan 250 watt atau kalau menggunakan 400 watt cukup 4 buah lampu.

Untuk pemasangan, diletakkan disisi kanan dan kiri, jangan diletakan frontal didepan karena akan membuat pemain silau.
Adapun harga per lampu, berkisar Rp. 600.000 – Rp. 750.000 per piece.

Untuk lebih jelasnya, bisa melihat gambar berikut ini :
B. Lampu Keong ( Essential )

Untuk lampu lapangan futsal ukuran standard, dibutuhkan 16 titik – 20 titik lampu. Lampu yang digunakan adalah lampu keong dengan kekuatan 85 watt namun setara dengan 425 watt lampu biasa, merk yang biasa digunakan adalah Philip atau Shinyoku. Harga lampu ini Rp. 160.000 – Rp. 170.000 per piece. Tergantung besarnya watt.

Selain lampu, dibutuhkan juga topi atau capping lampu, carilah topi atau capping lampu reflektor yang bisa memantulkan cahaya, harga berkisar Rp. 60 ribu – Rp. 75 ribu. Ada beberapa ukuran utk capping ini, paling tidak bisa menggunakan capping ukuran
diameter 16 inch atau 18 inch.

Banyak pemilik lapangan futsal yang salah dalam memilih capping/topi untuk lampu keong ini, jadi perlu diperhatikan capping/topi yang digunakan harus tipe reflektor yang bisa memancarkan sinar ke bawahnya, untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar berikut :
Kemudian untuk posisi lampunya sendiri, bisa digunakan 16 lampu atau 20 buah lampu, tinggi titik lampu terendah adalah 5.5 meter dari tanah, karena tinggi jaring adalah 5 meter maka dilebihkan 50 cm diatas jaring, sehingga tinggi titik terendah lampu 5.5 meter.

Berhubung lapangan futsal tinggi nya bervariasi dari 5 – 10 mtr, maka untuk menempatkan lampu lapangan futsal ke bawah diperlukan pipa besi 3/4 inch atau kawat seling.

Berdasarkan pengalaman kami sebagai kontraktor futsal, banyak terdapat kesalahan dalam pemilihan maupun tata letak lampu, kami berharap dengan adanya tulisan ini, bisa mengurangi kesalahan tersebut.

Leave a Reply

%d bloggers like this: