Home » Blog » Jenis Karpet Futsal Yang Sering dipakai

Jenis Karpet Futsal Yang Sering dipakai

karpet futsalLapangan futsal bisa mempengaruhi jalannya permainan futsal, jika lapangan terlalu keras bisa menyebabkan cedera ketika terjatuh, lapangan yang licin pun juga menyebabkan cedera, sementara lapangan yang terlalu empuk tentu saja tidak terlalu nyaman untuk anda. Namun semua  kenyamanan itu sangat relatif; banyak orang yang suka belum tentu anda menyukainya. Ada beberapa jenis lapangan futsal yang menggunakan karpet futsal yang berbeda. Karpet futsalnya antara lain vinyl, parquette, m court interlock flooring. Untuk jenis lapangan futsal dengan karpet interlock memang lebih banyak disukai karena cenderung empuk dan nyaman untuk digunakan bermain futsal. Semua kenyamanan juga sangat dipengaruhi oleh jenis sepatu tertentu yang anda pakai, ada jenis yang cocok untuk bermain di atas karpet futsal sintetis, ada pula yang cocok di interlock flooring. Berikut ini beberapa spesifikasi karpet futsal yang sering digunakan di Indonesia:

Karpet Futsal Vinyl

Seperti yang sudah disebutkan diatas jika lapangan futsal dengan karpet vinyl mempunyai kelebihan karena teksturnya yang empuk sehingga nyaman untuk digunakan bermain futsal. Sangat mendukung untuk melakukan penyelamatan di atas karpet futsal vinyl, khususnya diving, Karpet jenis ini sering disebut dengan rubber karena bahannya seperti karet yang empuk. Bahannya yang memang agak mirip dengan karet membuat jenis karpet futsal yang satu ini menjadi empuk dan sangat nyaman. Kelebihan dari karpet jenis ini yaitu hasil lapangan yang rata sehingga bola melaju dengan alur yang cepat, sementara itu karpet vinyl juga sangat empuk dan nyaman. Dibalik kelebihannya tersebut, karpet vinyl juga memiliki kekurangan yaitu jika sudah lama digunakan permukaan akan berubah menjadi tidak rata. Ada beberapa sepatu yang tidak bisa digunakan untuk bermain di atas karpet vinyl. Jika terjatuh bisa menyebabkan luka pada bagian paha dan pinggul.

Karpet Futsal Parquette

Karpet futsal parquette tidak populer di Indonesia, namun di Amerika dan Eropa anda akan sangat mudah menemukan lapangan futsal yang menggunakan karpet parquette. Karpet yang satu ini terbuat dari kayu yang memang sudah sejak lama digunakan, dan biasanya digunakan di GOR. Seperti jenis karpet lainnya, karpet futsal parquette juga memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Kelebihan dari karpet futsal yang satu ini yaitu permukaanya yang kesat membuat anda tidak mudah terjatuh di saat berlari diatasnya. Permukaan yang kesat membuat anda aman berlari. Selain itu permukaan yang sangat rata akan sangat bagus untuk laju bola, tidak akan ada hambatan yang ditimbulkan oleh karpet yang satu ini. Sementara kelemahannya yaitu Karena terbuat dari kayu karpet yang satu ini sangat keras, mudah rusak karena kelembaban, dan jika sudah rusak sangat membahayakan pemain.

Karpet Futsal M Court Interlock Sport Flooring

Karpet futsal jenis yang satu ini terbuat dari high impact copolimer. Kelebihannya yaitu ukuran panjang 25 cm x lebat 25 cm dan tebal 1.3 cm apabila ada yang rusak hanya tempat dimana kerusakan yang di ganti dan bisa di ganti sendiri tanpa menunggu installer yang ganti, untuk ke awetan lantai atau karpet jenis ini memang bandel dan juga lantai jenis ini memang standart untuk futsal yang direkomendasikan BFN (Badan Futsal Nasional), Untuk bermain futsal di lapangan ini bisa membuat bola melaju dengan cepat karena permukaan rata, selain itu lapangan ini juga tidak licin. Kelemahannya yaitu jika ada cor-coran semen tidak rata maka permukaan lantai atau karpet ini akan mengikutinya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: